Pada umumnya kantor dikaitkan dengan Tata Usaha.Pengertian kantor menurut Kamus Besar bahasa Indonesia adalah balai (gedung,rumah,ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat bekerja.Sedangkan tata ruang kantor menurut Ida Nursida,SE dalam bukunya Manajemen Administrasi Perkantoran adalah pengaturan ruang kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor pada luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia untuk memeberikan saran bagi para pekerja.

Sedangkan pengertian menurut The Liang Gie dalam bukunya yang berjudul “Administrasi Perkantoran Modern” menyebutkan bahwa tataruang perkantoran adalah penyusunan alat-alat kantor pada letak yang tepat serta pengaturan tempat kerja yang menimbulkan kepuasan bekerja bagi para pegawai .

Dari 2 perngertian diatas,dapat disimpulkan bahwa Tata Ruang Kantor adalah pengaturan ruang kantor dan penyusunan alat-alat kantor yang tepat pada tempatnya sehingga memberikan suasana kondusif bagi para pekerja untuk bekerja di kantor tersebut.